Himpunan Mahasiswa Sipil, Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang (HMS FT UWG) berhasil melaksanakan rangkaian acara Civil Fest 2022 dengan tema “Innovative, Ingenuity and Ability”. Acara ini merupakan salah satu kegiatan PILFATEK 2022 (Pekan Ilmiah Fakultas Teknik)  dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-51 UWG, dimana Civil Fest 2022 merupakan kedua kalinya pelaksanaan yang selama satu tahun belakangan juga sudah diselenggarakan dengan sangat baik juga. Civil Fest 2022 berlangsung selama 2 bulan, dimulai pada akhir bulan januari sampai akhir bulan maret. Acara Civil Fest 2022 terdiri dari 2 rangkaian acara, yang pertama adalah Civil Competition yang ditujukan untuk Siswa/i SMA/SMK/Sederajat Se-Nasional dan Webinar Nasional untuk Umum.

Acara Civil Fest 2022 dibuka dengan Lomba Desain Rumah 2 Lantai dan Lomba Maket Rumah 2 Lantai (Innovative Building Competition) serta Olimpiade Ilmiah (Civil Science Competition) yang diikuti oleh Siswa/i SMA/SMK/Sederajat Se- Nasional dengan total peserta yang mendaftar sejumlah 70 tim secara keseluruhan. Civil Competition ini sudah diselenggarakan sejak akhir bulan Januari, mulai dari pendaftaran, technical meeting, pembuatan karya, pengumpulan karya, penjurian hingga pengumuman juara.

Civil Fest 2022 dilanjutkan dengan Webinar Nasional yang dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) pada Sabtu (26/3) dengan tema “Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Lulusan Sarjana melalui Peraihan Sertifikasi Insinyur”. Acara dibuka oleh Ketua Panitia Civil Fest PILFATEK yang juga Dosen Teknik Sipil UWG, Dr. Dafid Irawan, ST., MT., serta Dekan Fakultas Teknik UWG, Dr. Istiadi, ST., MT. Narasumber pertama Ir. Catur Hernanto, M.M., IPU., ASEAN Eng. selaku Komite Keanggotaan, Sertifikasi dan Registrasi PII menyajikan “Sertifikasi Profesi Insinyur untuk Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme”. Narasumber kedua Dr. Ir. Aji Suraji, ST., M.Sc., IPU selaku Kepala Pusat Kajian Transportasi UWG, Konsultan dan juga Dosen Teknik Sipil UWG menyampaikan “Menjadi Insinyur Profesional untuk Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme”. Webinar ini dimoderatori oleh Arie Restu Wardhani, ST., MT., Ph.D selaku Wakil Dekan Fakultas Teknik UWG. Acara ini berhasil menarik antusias yang luar biasa dari partisipan seluruh Indonesia.

Panitia berharap dari pelaksanaan seluruh rangkaian acara ini adalah peserta Civil Fest 2022 dapat menambah wawasan mengenai ilmu ketekniksipilan, membangun kreativitas, semangat sportifitas, rasa nasionalisme, dapat bekerja sama dalam sebuah tim, serta memunculkan inovasi baru untuk pembangunan kedepannya. (san/pip/*rafi)