(HMS FT UWG,17/12/2020). “Membangun Jiwa Entrepreneurs di Bidang Teknik Sipil”, tema yang diusung dalam Webinar yang diselenggarakan oleh HMS (Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik) Universitas Widyagama Malang pada Kamis, 17 Desember 2020 di Gedung Fakultas Teknik Kampus III yang terletak di jalan Taman Borobudur Indah No.3 Malang.

Narasumber dalam webinar tersebut yakni; Dadik Wahyu Chang, SH.,Mob., (Alumni FH UWG) dan Ir. Abdul Halim, MT. (Kaprodi Teknik Sipil UWG), jumlah peserta yang mengikuti acara tersebut lebih dari 80 peserta yang terdiri dari mahasiswa jurusan teknik sipil reguler A dan reguler B mulai semester 1 hingga semester 7.

Terlebih dulu sebelumnya acara dibuka secara daring oleh rektor UWG dari ruang kerjanya, Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST.,MT., yang juga dosen Teknik Sipil yang dikenal dengan bukunya yang berjudul “Tanah Expansif”, menyampaikan apresiasi kepada panitia yakni mahasiswa yang tergabung dalam HMS Fakultas Teknik UWG. Kegiatan webinar ini semoga bisa menambah wawasan kepada mahasiswa jurusan teknik sipil UWG yang nantinya bisa menjadi seorang ahli atau konsultan dibidang kontruksi bangunan atau menjadi pengusaha properti. Karena bukan tidak mungkin anda yang sekarang sedang menempuh kuliah di teknik sipil, bisa berwirausaha dengan bekal pengetahuan yang anda miliki dibidang teknik sipil ini. Untuk itu ini sangat bagus, karena panitia mengundang seorang pengusaha yang juga alumni UWG, untuk bisa berbagi / sharing pengalaman dan tips menjadi seorang wirausaha / pengusaha. Selamat dan sukses, semoga webinar “CIVIL FUTURE GOAL” dengan tema; “Membangun Jiwa Entrepreneurs Dalam Bidang Teknik Sipil” memberikan manfaat untuk anda semua. (demikian sambutan rektor uwg).

Selanjutnya materi pertama disampaikan oleh mas Dadik Wahyu Chang, SH.,MoB., (Owner/CEO Utero Advertising). Dadik memberikan tips kepada peserta webinar CIVIL FUTURE GOAL, bahwa untuk menjadi seorang pengusaha ada beberapa tips yang harus anda punyai; 1) harus belajar mandiri, 2) berani mengambil keputusan dan yakin dengan keputusannya, 3) melakukan suatu usaha dan jujur pada diri sendiri. Bagaimana dan apa yang harus dilakukan dimasa pandemi sekarang ini sebagai pengusaha ?, marketing, youtuber, bercocok tanam, hewan ternak, menulis buku, menjadi reseller, menjadi makelar jasa, startup technology. Menjadi pengusaha harus terus berkreasi dan berinovasi dan pandai-pandai membaca peluang bisnis terkini. (demikian kata mas Dadik, CEO Utero Advertising).

Ir. Abdul Halim, MT., (Kaprodi Teknik Sipil UWG), yang menjadi pemateri kedua menyampaikan materinya tentang “Kewirausahaan”. Beliau memberikan contoh atau testimoni bagaimana awalnya mereka para pengusaha yang sukses, itu dulunya adalah orang biasa yang hidupnya tidaklah terlalu beruntung, namun dengan kerja keras dan kreatifitasnya bisa menjadi seorang pengusaha sukses. Bagaimana anda yang kuliah di jurusan teknik sipil sekarang ini, nanti setelah lulus mau menjadi apa, tentu banyak peluang usaha / lapangan pekerjaan bagi seorang lulusan teknik sipil. Sesuai dengan bidang keilmuannya anda bisa menjadi seorang konsultan bangunan pada perusahaan kontraktor bangunan, bisa bekerja di properti dengan pengembang bidang perumahan, menjadi dosen, menjadi guru di SMK, anda juga bisa membuka usaha dibidang peralatan-peralatan kontruksi, membuka toko bangunan, dan lain-lain banyak peluang usaha dengan bekal ilmu pengetahuan dibidang teknik sipil.

Kenapa harus berwirausaha ? karena bisa kaya, berjiwa sosial karena bisa membuka lapangan kerja, mempunyai kebebasan finansial dan bebas berkarya. Anda jurusan teknik sipil, bisa berwirausaha dibidang teknik sipil seperti; bisnis kontruksi bangunan, jembatan dan jalan raya. Untuk itu yang perlu anda siapkan adalah; 1) pengetahuan tentang konstruksi, 2) modal usaha, 3) memilih jenis usaha, 4) mendirikan CV atau PT, 5) promosikan jasa usaha. Kuncinya anda menjadi seorang wirausaha adalah tidak mudah putus asa, terus berkreasi dan inovatif pada bidang usaha yang ditekuni, seperti yang tadi disampaikan oleh mas Dadik Wahyu Chang, walaupun alumni fakultas hukum, tapi dia menjadi seorang pengusaha sukses di kota Malang dibidang Percetakan dan Desain Grafis. Jadi kesimpulannya, pengetahuan yang anda peroleh dibidang teknik sipil, dapat menjadi seorang wirausaha yang sukses disegala bidang. (demikian kata Abdul Halim, Kaprodi Teknik Sipil UWG).

Sesi tanya jawab/diskusi yang dipandu langsung oleh Linda dan Puguh, berlangsung sangat dinamis dengan peserta yang antusias dengan pertanyaan-pertanyaan yang sangat menginspiratif bagaimana lulusan bidang teknik sipil bisa menjadi seorang pengusaha sukses. Selamat dan Sukses kepada Himpunan Jurusan Teknik Sipil UWG, atas terselenggaranya Webinar Civil Future Goal ini. (san/pip)